Sunday 25 December 2011

Tren Desain Rumah 2012

Koran Jakarta.
Tidak banyak yang menyangkal pendapat bahwa desain sebuah bangunan rumah setiap tahunnya selalu mutakhir. Belakangan, sentuhan artistik pada eksterior dan interior sebuah rumah menjadi hal yang paling menarik dan banyak diperhatikan orang. Pada 2012, tren desain rumah akan lebih kreatif.
Penerapan warna untuk dekorasi rumah pada 2012 mendatang akan lebih bervariasi. Bahkan agar rumah berkesan lebih elegan, ke depannya sejumlah orang lebih berani memilih warna-warna tertentu sebagai pilihan dalam menghias dinding rumah. Lea Aviliani Aziz, seorang interior designer, mengatakan warna ungu akan menjadi tren interior pada 2012 mendatang.
Warna tersebut, menurut dia, akan banyak dipilih orang sebagai bagian dari refleksi situasi lingkungan sekitarnya. Sejumlah orang, tambah Lea, akan gandrung terhadap warna-warna yang dapat memberikan ketenangan secara spiritual, salah satunya ungu. "Warna ungu dapat memberikan rasa tenang kepada penghuni sebuah rumah, apalagi sekarang hiruk-pikuk situasi dunia membuat orang butuh ketenangan," kata Lea di Jakarta, Rabu (21/12).

Menurut dia, selain ungu, warna yang akan mendominasi dan menjadi tren pada 2012 mendatang ialah jingga, kuning, serta warna-warna lembut lainnya. Dikatakan Lea, penerapan warna-warna tersebut pada 2012 mendatang tidak hanya berlaku bagi individual. Sejumlah perusahaan seperti perkantoran dan mal juga akan mengikuti perkembangan.
Terlepas dari cocok atau tidaknya warna-warna tersebut diterapkan pada gedung atau mal, kata dia, sejumlah pengelola tentunya akan membuka diri terhadap tren perkembangan. Untuk urusan perabot, kata dia, konsumen belakangan lebih meminati furnitur dari rotan yang tampak elegan. Sepertinya rotan akan menjadi tren furnitur pada 2012.
"Karena kayu jati sekarang harganya mahal serta semakin sulit menemukan kayu jati yang berkualitas tinggi, banyak orang sekarang menjadikan kayu jenis lain sebagai mebel, seperti sungkai, ramin, kamper, dan nyatoh," tambah Lea. Lazimnya, semua jenis kayu yang telah disebutkan di atas memiliki karakteristik khusus untuk dibentuk menjadi mebel.
Karakteristik itu bisa dikenali secara kasat mata dari warna, tekstur, urat, permukaan, struktur, dan baunya. Selain itu, menurut dia, pada 2012 mendatang, penataan bagian depan teras di rumah trennya akan dijadikan alternatif sebagai ruang untuk menerima tamu yang penataannya lebih tepat guna dan nyaman. Berbeda dengan furnitur di dalam ruangan tertutup, kata dia, sebaiknya furnitur di teras dipilih yang berdesain simpel dan ringan.
Jenis bahan furnitur yang tepat untuk teras adalah yang seluruh bagiannya terbuat dari kayu atau rotan. "Teras berhubungan dengan area luar sehingga ada baiknya tidak memilih furnitur berlapis busa dan kain. Kedua bahan ini gampang pudar warnanya karena paparan sinar matahari, serta akan repot perawatannya bila terkena air hujan," jelas Lea.
Guna membedakannya, ada beberapa karakteristik khusus dan kelebihan dari masing-masing kayu tersebut, antara lain kayu jati yang terkenal dengan antirayapnya, kamper yang memiliki banyak jenis sehingga bisa disesuaikan dengan desain perabot yang diinginkan, serta nyantoh yang unggul dengan uratnya yang tampak lebih nyata dan unik bila dibandingkan kamper.

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

No comments:

Post a Comment

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626