Monday 2 July 2012

5 Program Promosi Marketing Properti

Jangan bingung-bingung dengan program promosi properti Anda. Berikut saya berikan dasar-dasar program marketing properti yang bisa Anda gunakan. Anda pun bisa membolak-balikkan program dan secara kontinyu merubah program-program marketing Anda rutin periodik. Anda juga bisa melakukan modifikasi atas program-program dasar di bawah ini. Bagi Anda yang konsumen, saya yakin Anda akan sedikit “melek”.
Berikut 5 program promosi marketing properti dari sang pakar, Aryo Diponegoro :

Program 1 : Diskon
Diskon adalah ibu dari segala program promosi. Dapat dikonversi dalam bentuk hadiah, subsidi bunga, investasi, uang muka, atau memang nyata-nyata dari harfiah sebuah diskon. Diskon adalah potongan harga. Berapa prosentasenya itu bergantung dengan kebijakan Anda memberikan diskon.
Ada pula diskon hanya diberikan kepada pembelian cash atau cash bertahap.
Gimmick-gimmick yang biasa digunakan DISKON AKHIR TAHUN, DISKON UNIT-UNIT AKHIR, DISKON SPESIAL LEBARAN, DISKON SPESIAL VALENTINE dll.

Program 2 : Uang Muka 0% / Ringan
Standar uang muka yang dipersyaratkan oleh bank adalah 20%. Ada pula Bank yang mensyaratkan uang muka sebesar 10%. Tapi bagaimana menciptakan uang muka ringan seringan-ringannya? Konversikan diskon kepada uang muka!
Contoh : Harga jual tipe 36/72 adalah 120 juta. Uang muka 20%. Anda memiliki diskon 10%. Sehingga Uang muka yang perlu dibayarkan oleh konsumen hanya sebesar 10% bukan? Bagaimana jika uang muka hanya 10% ? Artinya uang muka 0% bukan ?
Jangan lakukan apabila Anda tidak mempunyai kerjasama KPR Inden atau apabila Anda tidak memiliki kerjasama KPR Inden, Anda sebaiknya mempunyai kontraktor yang sanggup dibayar setelah bangunan selesai. Jika tidak, cash flow Anda bisa amburadul. Ah ah ah, amburaduuuulll.
Gimmick-gimmick yang biasa digunakan UANG MUKA 0%, TANPA UANG MUKA, UANG MUKA RINGAN, DISKON 50% UANG MUKA dll.

Program 3 : Subsidi Bunga KPR
Turunan dari diskon yakni sejumlah diskon dikonversi menjadi subsidi bunga. Anda hanya cukup memberikan subsidi selama 1 tahun saja. Rata-rata perbankan memberikan suku bunga KPR tetap selama 1 tahun. Kalau mau berikan subsidi sampe 10 tahun, saya jamin Anda tekor. Hehehe.
Contoh : Pada saat ini suku bunga KPR sebesar 10%. Anda berkehendak untuk memberikan subsidi bunga KPR menjadi 7%. Maka Anda sebenarnya memberikan diskon 3% dari harga KPR bukan?
Pola ini perlu kerjasama dengan pihak Bank. Karena Bank akan langsung memotong sebesar 3% dari nilai KPR dan dimasukkan di rekening konsumen. Dan secara sistematis, Bank akan mendebet dari rekening konsumen setiap tanggal pembayaran cicilan KPR.
Gimmick-gimmick yang biasa digunakan SUKU BUNGA KPR RINGAN, BUNGA KPR 7%, SUBSIDI BUNGA KPR dll.

Program 4 : Cash Back
Terdapat dua macam cash back dan cash back sifatnya menambah hutang Anda. Beda dengan program promo lainnya. (1) Sama saja asal muasalnya yakni diskon. Hanya saja diskon tidak dipotongkan ke harga, namun dikembalikan ke konsumen. Namun (2) cash back juga bisa diberikan apabila appraisal perbankan lebih tinggi daripada harga jual properti Anda.
Cash Back ada manfaatnya langsung diterima tunai oleh konsumen, namun ada pula yang tidak. Cash back dapat dikonversikan dalam bentuk lainnya. Misalkan bebas cicilan, bebas tagihan listrik, air, telepon, dll.
Gimmick-gimmick CASH BACK 10% (atau berapa prosen pun), BEBAS CICILAN KPR, dll.

Program 5 : Investasi
Program investasi juga salah satu program pemasaran yang menarik. Dapat ditargetkan kepada konsumen yang membutuhkan rumah atau memang investor yang sebenarnya. Beberapa tema investasi adalah sebagai berikut :
Tema HARGA PERDANA adalah salah satu contoh ketika pemasaran di awal proyek. Harga awal biasanya 10-20% dari harga riil yang dihitung dalam kelayakan proyek.
Tema GARANSI SEWA 3 Tahun (atau berapa tahunpun) juga menarik bahwa si investor merasa unit yang dia beli memang sudah digaransi untuk disewakan. Padahal ini juga bentuk dari konversi diskon.
Tema GARANSI DIBELI KEMBALI (Buy Back Guarantee) mengusung program investasi bahwa dalam jangka waktu tertentu, developer akan menjualkan kembali unit yang sudah dibeli dengan margin yang lebih tinggi. Ini memanfaatkan harga properti yang memang selalu meningkat. Misal Harga tipe 36/72 120juta. Dalam jangka waktu satu tahun, developer akan membeli kembali dengan harga 135juta dan developer akan menjual ke umum jauh lebih tinggi.

Coba gabungkan! Coba kontinyukan! Dipadukan dengan siapa target pemasaran Anda, apa media promosi Anda, dan teknik menjual marketing Anda, saya yakin memasarkan properti bukan hal yang sulit. Semoga menginspirasi…

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

4 comments:

  1. It's remarkable for me to have a web site, which is good designed for my knowledge. thanks admin
    Also visit my webpage - Dubai Real Estate Laws

    ReplyDelete
  2. Pa kalo kpr inden itu seperti apa?dan syaratnya apa aja yah?

    ReplyDelete
  3. Pa kalo kpr inden itu seperti apa?dan syaratnya apa aja yah?

    ReplyDelete
  4. Selamat Pagi

    Kami dari Agenbaik ingin mengajak anda untuk ikut memasarkan properti anda di http://www.agenbaik.com

    Nah, salah satu keunggulan dari Agenbaik adalah dapat mencocokkan properti antara demand dan supply, artinya [U]properti Dijual[/U] anda akan kami cocokkan dengan [U]properti Mau Beli[/U] yang sesuai dengan kriteria anda, sehingga anda dapat lebih cepat terhubung dengan pemilik properti. Demikian juga dengan properti yang [U]Disewakan[/U] dan [U]Mau Sewa[/U].

    Selain menjangkau penjual dan pembeli properti, Agenbaik juga menyediakan fasilitas untuk co-broke antar agen properti, sehingga [U]agen properti yang memiliki listing properti[/U] dapat bekerja sama untuk deal dengan [U]agen properti yang memiliki peminat properti[/U].

    Listing properti yang anda pasang juga di-index, sehingga dapat dengan mudah dicari peminat properti.
    Kami percaya dengan kelebihan-kelebihan yang kami tawarkan dapat membantu anda.
    Apabila ada pertanyaan, kritik dan saran, boleh langsung kirimkan ke info@agenbaik.com


    Terima kasih.

    ReplyDelete

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626