Monday, 2 July 2012

Tiga Mantra Marketing Property

Istilahnya saja keren, ”riset pasar”, terkesan ilmiah, njlimet, dan hasilnya diduga juga ilmiah. Padahal, aslinya riset pasar hanya kegiatan tebak menebak. Menyelidik, bertanya sana-sini, mangu-mangu meyakinkan diri seraya bergumam, apakah dagangan rumah yang dijual bakal laku atau tidak.
Saya biasa nongkrong di lokasi proyek yang akan dibangun, menghitung jumlah kendaraan lewat, mengumpulkan brosur dari pengembang kompetitor di sekitar proyek, dan mendatangi fasiltas atau prasarana umum terdekat. Mengukur jarak perumahan yang akan dibangun ke pasar tradisional, sekolah, rumah sakit, atau kompleks perniagaan. Dan kegiatan ringan diwaktu senggang ini saya sebut riset pasar ala kadar.
Lantaran tumbuh keyakinan bahwa rumah yang dibangun masuk akal dijual, tak akan ada lagi sangsi. Mantab niat. Karena toh ujungnya, keterserapan rumah di pasar itu jadi kata putus akhir untuk memulai suatu proyek. Soal jual-menjual belaka pertimbangannya.
Di bisnis properti, jika rumah yang dibangun berada di kawasan tepat, maka separo urusannya tinggal bagaimana mengumandangkan kegiatan marketing. Mulai dari memilih tema campaign produk yang mengesankan —sekaligus provokatif, mengunduh dukungan maksimal khalayak luas, sampai menakar kemungkinan beli dengan cara mudah. Lumrahnya program semacam ini gampang dan sederhana dilakukan. Syukur-syukur bisa hemat biaya.

Saya mengklasifikasi ringkas kegiatan marketing perumahan ke dalam tiga mantra :

Pertama, promo.Iklan koran, iklan radio, membuat website, menyebar brosur, memasang baliho, membentang spanduk, juga memasang rontek berjajar di dekat lokasi. Menggugah imajinasi, medorong hasrat, dan mengonversi motif beli tujuannya.

Kedua, event.
Ambil bagian dalam pameran properti yang rutin terselenggara di mall, pusat belanjaan, gedung khusus pameran, atau menyelenggarakan sendiri pameran terbatas di kantor bank, kantor pemerintahan dan lainnya, adalah bentuk lain kegiatan marketing. Staff marketing bisa leluasa komunikasi dua arah, hangat, tuntas dan mengerti persis apa yang dikehendaki calon pembeli saat mereka singgah distand pameran.

Ketiga, penjualan langsung/direct selling.
Saya mencatat, meski tidak selalu sama di tiap kota, prosentase terbanyak transaksi jual beli rumah terjadi justru berasal dari kepiawaian interpersonal relationship pelaku marketingnya. Keterampilan membangun hubungan antar pribadi yang akrab, tanpa kikuk, demi menumbuhkan saling percaya. Rumusnya, kepercayaan beli bermula dari kepercayaan terhadap orang, bukan pada barang.

Marketing, esensinya ditengarai berisi bagaimana cara mengirimkan gelombang komunikasi verbal, grafis, bahkan visual, bertubi-tubi, hingga membuat khalayak ramai menangkap pesan komunikasi dengan mudah. Mengerti, peduli, butuh, lalu beli.

Disunting dari tulisan Hasib As'ad, pegiat usaha property developer sejak tahun 2001.

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

4 comments:

  1. Blog yg sangat informatif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungan dan appresiasinya.

      Delete
  2. bila anda minat beli property silahkan klik di bawah ini:
    http://bit.ly/13GNWaw

    ReplyDelete
  3. Selamat Pagi

    Kami dari Agenbaik ingin mengajak anda untuk ikut memasarkan properti anda di http://www.agenbaik.com

    Nah, salah satu keunggulan dari Agenbaik adalah dapat mencocokkan properti antara demand dan supply, artinya [U]properti Dijual[/U] anda akan kami cocokkan dengan [U]properti Mau Beli[/U] yang sesuai dengan kriteria anda, sehingga anda dapat lebih cepat terhubung dengan pemilik properti. Demikian juga dengan properti yang [U]Disewakan[/U] dan [U]Mau Sewa[/U].

    Selain menjangkau penjual dan pembeli properti, Agenbaik juga menyediakan fasilitas untuk co-broke antar agen properti, sehingga [U]agen properti yang memiliki listing properti[/U] dapat bekerja sama untuk deal dengan [U]agen properti yang memiliki peminat properti[/U].

    Listing properti yang anda pasang juga di-index, sehingga dapat dengan mudah dicari peminat properti.
    Kami percaya dengan kelebihan-kelebihan yang kami tawarkan dapat membantu anda.
    Apabila ada pertanyaan, kritik dan saran, boleh langsung kirimkan ke info@agenbaik.com


    Terima kasih.

    ReplyDelete

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626