Thursday 13 September 2012

Tips Menyusun Konsep Marketing

Dalam dunia bisnis, selain produksi, bagian yang penting lainnya adalah pemasaran alias marketing. Sukses dalam memproduksi tapi gagal dalam memasarkan sama saja bohong, begitu pula sebaliknya, sukses dalam produksi tapi gagal dalam memasarkan hanya akan membuahkan kebangkrutan. 
Demikian pula dalam bisnis properti. Marketing menjadi bagian vital, terutama yang bermain di ranah pengembang atau developer. 
Marketing yang baik dan terarah, bukan saja berarti mampu menjual sesuai yang ditargetkan, tapi juga membuat cashflow proyek lancar, yakni dengan mendapatkan income dari booking fee dan down payment. 
Nah, bagaimana caranya agar marketing properti yang kita kembangkan bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai target, berikut acuan dalam menyusun konsep marketing properti : 

1. Perencanaan. 
Sebelum marketing dimulai, kita harus lebih dulu menyusun konsep dan perencanaan. Kegagalan dalam merencanakan berakibat kegagalan pada pelaksanaan. So, kalau ingin sukses dalam merketing, sukses dulu dalam perencanaannya. 

2. Strategi. 
Bagian selanjutnya adalah strategi. Strategi menjadi penting dalam marketing, karena dunia marketing adalah medan perang. Siapa yang mampu menyusun strategi dengan baik, bisa diramalkan dia yang akan menjadi pemenang. Untuk lebih detilnya, silakan Anda baca "Tiga Mantra Marketing Properti"

3. Target Market. 
Bagian lainya adalah menyusun konsep target marketing properti Anda. Kepada siapa dan di kelas mana Anda mau memasarkan dan menjual properti Anda. Menawarkan apartemen kepada kelas rusun atau rsh hanya akan membuat waktu dan anggaran marketing Anda sia-sia. Jadi, perjelas target marketing properti Anda, kalau mau sukses tentunya. 

4. Promosi dan Iklan. 
Selanjutnya, setelah jelas strategi dan target sasaran marketing, Anda harus menyusun konsep promosi dan iklan. Seperti apa bentuk promosinya dan dimana Anda akan memasang iklan. Beriklan di internet merupakan salah satu alternatif, apalagi di era digital seperti saat ini, internet telah menjadi bagian dari hidup. Selain lebih murah, kemampuan internet menjangkau ke seluruh dunia layak untuk Anda pertimbangkan. Silakan baca tulisan kami, “Tips Memasang Iklan Properti di Internet”. 
Iklan media cetak juga jangan Anda lewatkan, karena media ini masih eksis di masyarakat. Meskipun tidak semua pelaku bisnis propertimenfaatkan media ini. Namun media cetak sampai dengan saat ini adalah media promosi primadona yang menjadi target pemasang iklanpara pelaku bisnis properti. Silakan baca tulisan kami, “Tips Memasang Iklan Properti di Media Cetak”. 

5. Konsistensi. 
Penting Anda catat, konsistensi sangat berperan dalam dunia marketing. Bahkan bisa dibilang inilah yang paling penting. Seorang pakar properti Dr. Matius Yusuf, CEO Marketing Agung Podomoro Grup mengatakan, “Kalau ingin sukses dalam marketing, Anda harus hidup, makan, minum dan tidur bersama pasar Anda”. Itulah yang dimaksud dengan konsistensi. Tiada waktu berlalu tanpa memasarkan. 

6. Anggaran. 
Meski ini kami letakkan di bagian terakhir, tapi ini adalah nafas bagi semua konsep diatas. Tanpa anggaran mana mungkin marketing bisa bergerak, apalagi berjalan. Anda harus membuat anggaran yang jelas sesuai dengan perencaaan marketing Anda. Berapa biaya yang Anda anggarkan akan berpengaruh pada strategi dan promosi Anda. 

Oke, sampai disini dulu, silakan simak posting kami lainnya terkait dengan dunia marketing, khususnya marketing properti. 

Salam Sehat dan Sukses.

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

1 comment:

  1. Makasih pak buat informasinya ..
    Saya ini marketing baru .. Mohon bantuannya ya masalah pemasaran, dan periklanan ya pak :) mohon bantuannya .

    ReplyDelete

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626