Wednesday 15 June 2011

Penting, Sebelum Proyek Real Estate Development Dimulai

Setelah mempelajari aneka tips dan strategi dari mulai legalitas / perijinan, strategi mendapatkan (akuisisi) lahan, strategi marketing, kini saatnya kita action, membangun komplek perumahan atau real estate development. Bagaimana kawan-kawan, sudah siap?
Oke, mungkin masih ada yang bertanya, “kalau sudah siap, apa langkah selanjutnya?”. Baiklah, sebelum proyek dimulai, perhatikan dulu tips berikut ini, karena akan sangat bermanfaat bagi pengembang pemula.

1. Site Plan
Perencanaan lapangan harus benar-benar matang, jangan setengah-setengah. Hal ini akan berpengaruh pada jalannya proyek nantinya. Karena saat ini kompetisi pada bisnis developer makin ketat, salah satunya pada added value (nilai tambah) yang ditawarkan. Jadi rencanakan nilai tambah apa yang anda tawarkan kepada calon konsumen anda (pembeli).  Sarana penunjang apa yang akan berikan, apakah itu taman bermain, kolam renang, water boom, gedung olahraga, supermarket, bahkan mall.
Rencanakan pula bentuk gerbang masuk perumahan yang anda kembangkan, tatanan pepohonan, taman dan lainnya. Begitu pula rencana boulevard, sesuaikan dengan type hunian yang anda kembangkan.

2. Jaringan Sarana
Persiapkan dengan matang rencana jaringan listrik, apakah menggunakan jasa PLN ataukah solar cell. Begitu pula rencana sarana air bersih apakah dari PDAM atau membangun jaringan sendiri dengan memanfaatkan sumber air tanah (sumur bor). Jangan lupakan untuk merencanakan penempatan septictank. Meskipun terlihat sepele, penataan instalasi septictank merupakan hal yang sangat krusial. Bila letaknya salah, akan sangat sulit dalam pemeliharaan dan ini mempengaruhi nilai jual bangunan yang anda kembangkan. Tempatkan septictank di area yang mudah dijangkau mobil penyedot.

3. Desain Bangunan
Rencanakan desain bangunan secara psikologis, karena desain bangunan mencerminkan karakter penghuninya. Bagi pengembang (developer) yang masih awam dengan rancang bangun, sebaiknya memakai jasa arsitek dan jangan bersikeras mendesain sendiri hanya demi pengiritan biaya. Karena tidak tertutup kemungkinan akan menjadi bumerang karena tidak diterima oleh pasar.

4. Standar Kualitas Struktur Bangunan
Saat pembangunan rumah dimulai, perhatikan dengan cermat kualitas struktur bangunan dan jangan bermain-main hanya karena penghematan. Bila rumah yang anda bangun roboh atau cepat rusak, kredibilitas anda dan perusahaan yang menjadi taruhannya, dan ini berbahaya bagi kelangsungan usaha anda. Bagian ini sangat penting bagi developer yang menggunakan jasa pihak ketiga (kontraktor) dalam pembangunan.

5. Standar Kerapian Finishing Bangunan
Finishing merupakan tampilan luar yang paling mudah dicermati, misal kerapian plesteran, acian dan pengecatan. Begitu pula kerapian pasangan keramik, gypsum dan lainnya.
Developer berpengalaman biasanya sangan concern  terhadap hal ini, karena menyangkut estetika dan berpengaruh cukup besar pada market nantinya. Perlu dicatat, jangan sekali-kali menurunkan standar struktur dan mengalihkan biayanya untuk finishing. Apa artinya rumah yang terlihat cantik dan rapi namun strukturnya rapuh.

6. Kontrol Equipment
Sebelum akad kredit, perhatikan dengan seksama kondisi detail rumah, termasuk kelengkapannya, seperti handle pintu, stop kontak, sakelar, hingga colokan antene dan telepon. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.
Selain itu, kontrol pula kebocoran atap. Bila pembangunan di musim kemarau, lakukan penyiraman untuk mengetahui apakah ada yang bocor atau tidak.

7. Siap untuk Appraisal
Setelah semuanya siap, barulah anda mengajukan permohonan appraisal. Tentunya bagi nasabah KPR. Terhadap pembeli cash keras, anda bisa langsung mengajukan AJB di notaris.
Bagaimana, tidak sulit bukan? Jangan ragu lagi, langsung take action..!!

Jangan lupa, kunjungi lagi blog kami, karena akan selalu ada update postingan yang bemanfaat bagi anda selaku pebisnis properti, baik sebagai developer, investor maupun penyedia material.

Oh ya, bagi anda yang memerlukan inspirasi dan motivasi sukses serta tips-tips kesehatan, kunjungi http://kuncisehatdansukses.blogspot.com/

Salam Sukses Selalu

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

No comments:

Post a Comment

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626