Sunday, 11 September 2011

Tips Menghadapi Makelar Tanah

Sebagai pengembang properti (Property Developer) dalam berburu lahan hot deal mau tidak mau terkadang harus berhubungan dengan makelar tanah atau calo. Ada sisi positif dan negatifnya bila kita menjalin hubungan dengan makelar tanah. Diantara sisi positifnya mereka akan mempermudah kita menemukan siapa pemilik lokasi yang sedang kita incar. Sebab biasanya para makelar tanah telah memiliki daftar pemilik lahan disuatu wilayah. Walaupun kebanyakan orang berpandangan negatif dengan makelar tanah dengan menuduh mereka suka berdusta (bahkan ada yang menyebut dengan “biong” alias biangnya bohong), toh kita tidak boleh menggeneralisir. Tidak semua orang sama, akan selalu ada manusia jujur dan tidak jujur diprofesi apapun.
Nah, bagaimana triknya agar kita tidak terjebak oleh makelar tanah yang tidak jujur? Simak tips berikut :

1. Jangan pernah melakukan transaksi pembelian tanah hanya dengan makelar, minta kenalkan kepada pemiliknya langsung.
2. Jangan pernah menyerahkan dana pembelian (misal DP) kepada makelar, walaupun mereka mengatasnamakan pemilik lahan.
3. Ketahui dengan pasti berapa sebenarnya harga lahan yang diinginkan oleh si pemilik, jangan hanya percaya harga yang ditawarkan makelar.
4. Periksa surat menyurat kepemilikan. Jika sertifikat, cek keabsahannya kepada staf BPN.
5. Libatkan pihak BPN dalam pengukuran tanah, walaupun tanah sudah memiliki SHM.
6. Ingat, posisi makelar hanya sebagai mediator antara anda dengan si pemilik lahan.
7. Bila makelar tidak percaya kepada anda atau takut jatah mereka “lenyap” setelah terjadi transaksi, buatkan surat kesepakatan pemberian komisi dengan syarat mereka mau menunjukkan siapa pemilik lahan yang sebenarnya.

Bagaimana....? Sudah cukup jelas kan..? Paling penting, jangan sampai anda terjebak pada pembelian tanah bermasalah atau sengketa. Jadi jangan mudah percaya kepada makelar yang mengatakan tanah alias lahan yang anda incar itu aman dari sengketa. Ingat, jika sampai muncul sengketa tanah, anda akan banyak kehilangan waktu dan biaya untuk menyelesaikannya. Dari itu hindari sedini mungkin.

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

No comments:

Post a Comment

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Post a Comment

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626