Saturday 25 August 2012

Faktor Penyebab Keretakan Beton

Dibalik kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh beton dibandingkan dengan bahan material lainnya, beton juga memiliki masalah dalam keretakan yang terjadi pada bahan tersebut. Keretakan pada beton dapat timbul saat pembuatan beton tersebut atau keretakan yang terjadi setelah beton selesai dibuat. Sebenarnya setiap beton yang dibuat untuk pembangunan suatu bangunan pasti akan terjadi suatu retakan. Hal ini disebabkankan oleh pengaruh dari sifat beton itu sendiri maupun faktor lingkungan luar yang mempengaruhi beton secara langsung. Sehingga seberapaun kualitas beton yang akan dibuat keretakan tidak bisa dihindarkan. 
Kalau kita lihat dari sudut pandang jenisnya, ada dua jenis keretakan pada beton yaitu retakan yang terjadi saat pembuatan beton dan retakan yang terjadi setelah beton selesai dibuat. Dari dua jenis retakan tersebut banyak sekali berbagai faktor yang melatarbelakangi terjadinya retakan tersebut. 
Apa faktor penyebab keretakan beton tersebut? Mari kita simak berikut ini :

A. Fakor – Fakor Penyebab Keretakan Beton Yang Terjadi Saat Pembuatan Beton. 

1. Sifat dari beton itu sendiri 
Untuk melihat bagaimana sifat dari beton yang dapat menimbulkan keretakan kita harus melihat proses dari awal pembuatan beton itu sendiri. Pada saat awal pembuatan beton dengan pencampuran bahan penyusunnya seperti kerikil, pasir, air dan semen. Kemudian campuran beton diletakkan pada alat cetakannya, dalam proses pengerasannya beton akan mengalami pengurangan volume dari volume awal. Ini disebabkan air yang terkandung pada campuran beton akan mengalami penguapan sebagian yang mengurangi volume beton. 
Sehingga apabila dikondisikan pada saat beton mengalami pengerasan dan akibat dari volume beton berkurang yang akan menyebabkan penyusutan pada beton tetapi beton tersebut dibiarkan untuk menyusut tanpa adanya tahanan maka beton pun tidak akan mengalami keretakan. Tetapi pada kondisi sebenarnya dilapangan tidak ada beton yang tidak mengalami tahanan. Karena tidak ada balok atau kolom pada bangunan yang berdiri sendiri melainkan akan bersambung satu sama lain dan hal ini akan membuat tahanan. Sehingga apabila pada kondisi saat beton mengalami penyusutan ada suatu tahanan maka retakan pun tidak dapat dihindari.

2. Suhu 
Tidak dapat diabaikan suhu juga dapat menyebabkan keretakan pada beton. Maksud suhu disini adalah suhu campuran beton saat mengalami perkerasan. Karena pada saat campuran beton mengalami perkerasaan suhu yang timbul akibat reaksi dari air dengan semen akan terus meningkat. Sehingga pada saat suhu campuran beton ini terlalu tinggi, pada saat beton sudah keras sering timbul retak – retak pada permukaan beton. 

3. Korosi pada tulangan 
Sebenarnya untuk mengantisipasi retakan yang terjadi akibat dari sifat beton itu sendiri, beton diberi tulangan pada bagian dalamnya yang terbuat dari baja. Sehingga diharapkan dengan adanya tulangan tersebut retakan akibat dari sifat beton disebar pada keseluruhan beton menjadi bagian – bagian yang sangat kecil sehingga retakan tersebut dapat diabaikan. Tetapi apabila tulangan yang dipakai pada saat pembuatan beton sudah meengalami korosi, tulangan tersebut itu pun akan menyebabkan retakan pada saat beton mengeras. 

4. Proses pembuatan yang kurang baik 
Banyak sekali penyebab retak yang terjadi pada beton disebabkan oleh proses pembuatan yang kurang baik. Seperti contoh pada saat beton mengalami perkerasan dimana banyak mengeluarkan air, maka perlu adanya perawatan pada beton agar pengeluaran air dari campuran beton tidak berlebihan. Tetapi akibat tidak adanya perawatan, sehingga pada beton terbentuk banyak terjadi retakan. 

B. Fakor – Fakor Penyebab Keretakan Beton Yang Terjadi Setelah Beton Selesai 

1. Pengaruh lingkungan 
Karena beton pada bangunan mengalami kontak langsung dengan cuca luar. Sehingga bangunan sipil yang berumur cukup lama banyak mengalami retakan. Salah satu pengaruh lingkungan yang menyebabkan beton retak adalah akibat dari air hujan. Akibat sekian lama beton pada bangunan tua menerima air hujan secara langsung, lama – kelamaan air hujan masuk meresap kedalam beton yang kemudian mencapai tulangan pada beton. Apabila saat air hujan telah mengenai baja tulangan, maka akan terjadi reaksi antara baja tulangan dengan tulangan yang menyebakan baja tulangan menjadi korosi. Akibat korosinya baja tulangan beton akan mengalami retak – retak. 

2. Pembebanan 
Setelah beton sudah jadi dan bangunan sipil telah siap untuk dipakai. Maka beton tersebut akan menerima beban – beban. Apabila beton menerima beban sesuai dengan kapasitas kekutannya, beton akan baik – baik saja. Tetapi kadangkala beton akan menerima beban diluar kemapuannya.
Nah, bagaimana caranya agar beton yang kita buat kekuatannya seimbang dengan beban yang disandangnya? Silakan klik Rumus Membuat Beton Berkualitas.

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

No comments:

Post a Comment

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626