Monday 24 October 2011

Mengenal Jenis Cat Rumah

Warna emas untuk eksterior, memberi kesan mewah
Tanpa dekorasi cat, rumah akan terasa kaku dan hambar, bahkan terkesan dingin (seperti candi). Warna warni cat akan menciptakan keindahan tersendiri bagi hunian anda (baca : Tips Memilih Warna Cat Rumah). Ingat, kenyamanan dan suasana rumah sering kali mampu membangkitkan suasana hati atau mood seseorang. Salah satu faktor yang bisa menentukan kenyamanan rumah adalah permainan dekorasi pada interior, termasuk di dalamnya cat atau warna pada dinding ruang. Nah, sebelum Anda me"warnai" rumah anda, saya akan mengajak anda untuk terlebih dahulu mengenal aneka jenis cat yang bisa Anda aplikasikan untuk rumah anda.
Umumnya, rumah dibikin dari beton dan kayu (kecuali kalau Anda tinggal di rumah batu.. hehhe..). Jangan sampai salah memilih cat, ada cat khusus untuk kayu dan ada cat khusus untuk tembok beton. Ada ragam jenis cat kayu, begitu pula cat tembok beton. Simak artikel ini sampai tuntas.

A. Cat Kayu
Secara garis besar cat kayu dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu cat solid, cat transparan, dan cat efek khusus. Banyak orang sering salah kaprah menyebut istilah pelitur dengan cat kayu atau meni kayu. Padahal pelitur hanya sebagian saja dari beragam jenis cat kayu.
1. Cat Solid 
Cat ini oleh sebagian produsen disebut opaque finish. Pigmen yang terkandung di dalam cat mampu menyebar dan menutupi seluruh permukaan kayu. Untuk kayu yang teksturnya tidak menarik atau terdapat cacat di sana sini, cat jenis ini mampu menutupi dan menyembunyikan cacat kayu dengan sempurna.
Ada dua jenis cat solid yaitu cat duco dan cat minyak (sintetik). Cat duco banyak dipakai untuk otomotif tetapi dapat juga diaplikasikan pada kayu. Cat ini memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, namun harga cat jenis ini relatif mahal dan harus menggunakan alat penyemprot untuk mendapatkan hasil optimal. Sementara cat jenis minyak/sintetik dapat diaplikasikan dengan kuas dan harganya pun murah. 
2. Cat Transparan 
Sesuai namanya, cat ini tidak menutup permukaan kayu secara rapat. Warna alami kayu tetap dipertahankan dan serat maupun teksturnya tetap terlihat. Bila Anda memakai kayu yang serat maupun teksturnya unik, cat jenis ini sangat cocok untuk menampilkan keunikan tersebut. Salah satu jenis cat transparan untuk kebutuhan eksterior adalah pelitur. 
3. Cat Efek Khusus
Selain kedua jenis cat diatas, ada cat yang dapat memberikan efek khusus. Hasil pengamplikasian cat jenis ini menghasilkan efek seperti tekstur granit, kesan antik, retak-retak, bahkan besi tempa. 

B. Cat Tembok
Cat tembok yang bisa digunakan untuk mengecat dinding rumah ada 2 macam yaitu cat tembok untuk interior dan cat tembok untuk eksterior. 
1. Cat Eksterior
Cat jenis ini untuk bagian luar rumah, digunakan sebagai perlindungan terhadap hujan dan sinar matahari, di samping memberi aspek estetika pada tembok dan juga berfungsi melindungi tembok dari cuaca.
Terpaan sinar matahari dan hujan serta perubahan suhu akibat perubahan cuaca membuat tembok luar cepat mengalami kerusakan,misalnya retak-retakakibat proses pemuaian dan penyusutan. Dibutuhkan cat tembok yang bersifat fleksibel atau berbahan lateks acrillic.
Selain itu, terpaan polusi asap kendaraan sangat mempengaruhi durasi kecemerlangan cat. Untuk itu dperlukan cat eksterior yang tahan terhadap cuaca dan polusi serta memiliki daya tahan yang baik.
2. Cat Interior
Cat interior digunakan untuk mengecat bagian dalam rumah. Jenis cat ini dapat dilihat dari kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Jenis cat ini juga mudah dibersihkan jika ada noda/kotoran sehingga mudah dalam perawatan dan berbahan dasar air (water based). 

Oh ya, dilihat dari tingkat kilapnya, biasanya cat tembok berbahan dasar air dapat dibedakan menjadi 2 yaitu doff dan semi kilap. Pilihlah jenis cat tembok yang sesuai, jika Anda akan mengecat bagian eksterior, gunakan cat khusus untuk eksterior dan sebaliknya pilihlah cat tembok interior untuk mengecat bagian interior rumah Anda.

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

No comments:

Post a Comment

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626