Thursday 16 February 2012

Material Dinding; Batako, Bata Merah atau Bata Beton Ringan?

Material Bata Merah untuk Dinding, terlihat natural saat diekspose
Kini ada beragam pilihan material dinding rumah beton. Dari bata merah, batako hingga bata beton ringan. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Selain perbedaan pada kualitas dan ukuran, juga antara batako, bata merah dan bata beton ringan berbeda dalam hal kenyamanan ditempati serta biaya pembangunan.
Sebelum Anda membangun sebuah bangunan, utamanya rumah tinggal, ada baiknya jika Anda mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan dari batako, bata merah dan bata beton ringan. Agar nantinya tidak terjadi penyesalan. Karena material dinding ini apabila sudah terpasang dan permanen, tidak ada jalan lain untuk menggantinya selain dari membongkar bangunan dan merusaknya.

Baiklah, kali ini mari kita cermati bersama kelebihan dan kekurangan batako, bata merah dan bata beton ringan.


1. Batako
 Material dinding yang dinamakan batako ini umumnya dibuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak padat atau dipress. Selain itu ada juga yang membuatnya dari campuran batu tras, kapur dan air. Bahkan kini juga beredar batako dari campuran semen, pasir dan batubara. Dengan bahan pembuatan seperti yang telah disebutkan, batako memiliki kelemahan yaitu kekuatannya lebih rendah dari bata merah, sehingga cenderung terjadi keretakan dinding, terutama jika bagian kosong-nya tidak diisi dengan adukan spesi. Pemakaian material batako untuk dinding juga membuat bangunan lebih hangat bahkan cenderung pengap dan panas, tidak seperti bata merah yang terbuat dari material tanah.
Ukuran batako umumnya tebal 8 – 10 cm, panjang 36 – 40 cm dengan ketinggian 18 – 20. Dengan ukuran seperti ini batako memiliki kelebihan lebih cepat dalam pemasangan, lebih irit material semen dan pasir sebagai perekat/nat dan lebih hemat dalam upah (effesien) dibandingkan bata merah. Selain itu, Harga batako per-meter persegi juga lebih murah dibanding dengan bata merah.

2. Bata Merah
 Bata merah yang dimaksud adalah bata yang dibuat dari tanah yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi benar-benar kering, mengeras dan berwarna kemerah-merahan. Tanah yang digunakan pun bukanlah sembarang tanah, tapi tanah yang agak liat sehingga bisa menyatu saat proses pencetakan. Karena itulah, rumah yang dindingnya dibangun dari material bata merah akan terasa lebih nyaman dan adem. Selain lebih kuat dan kokoh serta tahan lama, sehingga jarang sekali terjadi keretakan dinding yang dibangun dari material bata merah.
Dengan ukuran yang hanya berkisar antara tebal 3 cm – 5 cm, lebar 7 cm – 11 cm dan panjang 17 cm – 22 cm, pemakaian semen dan pasir untuk spesi pada sambungan bata merah lebih banyak, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih tinggi. Ukuran itu juga membuat pemasangan bata merah lebih lambat, yang berakibat pada upah pekerja menjadi bertambah. Selain itu harga material-nya pun kalau dihitung permeter persegi juga lebih mahal.
Untuk menguji kualitas bata merah, silakan ikuti tips-nya disini

3. Bata Beton Ringan
Bata beton ringan, mudah digergaji
 Berbeda dengan batako dan bata merah, bata beton ringan dibuat dari pasir kwarsa, semen, kapur, sedikit gypsum, air, dan alumunium pasta sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi). Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam. Alumunium pasta yang digunakan dalam adonan tadi, selain berfungsi sebagai pengembang ia berperan dalam mempengaruhi kekerasan beton. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari adonan yang dibuat, tergantung kepadatan yang diinginkan. Adonan beton aerasi ini lantas dipotong sesuai ukuran. Saat pencampuran pasir kwarsa, semen, kapur, gypsum, air, dan alumunium pasta, terjadi reaksi kimia. Bubuk alumunium bereaksi dengan kalsium hidroksida yang ada di dalam pasir kwarsa dan air sehingga membentuk hidrogen. Gas hidrogen ini membentuk gelembung-gelembung udara di dalam campuran beton tadi. Gelembung-gelembung udara ini menjadikan volumenya menjadi dua kali lebih besar dari volume semula. Di akhir proses pengembangan atau pembusaan, hidrogen akan terlepas ke atmosfir dan langsung digantikan oleh udara. Nah, rongga-rongga udara yang terbentuk ini yang membuat beton ini menjadi ringan.
Proses pembuatan yang demikian membuat bata beton ini lebih presisi, akurat dan kuat plus ringan. Dengan demikian beban struktur juga lebih ringan. Selain itu, apabila dinding menggunaka material bata jenis ini akan lebih terasa adem, bahkan lebih nyaman dibandingkan dengan bata merah. Bobot yang ringan dan kuat menjadikan bata jenis ini mudah digergaji, dibor, dibentuk dan dikerjakan hanya dengan menggunakan peralatan kayu biasa. Kelebihan lainnya adalah bata beton ringan ini lebih ramah lingkungan. Material yang digunakan untuk pembuatan bata beton ringan ini tidak dapat dijadikan tempat tinggal bagi kutu atau serangga dan hewan sejenis lainnya. Sehingga lebih aman untuk hunian keluarga.
Kekurangan bata beton ringan ini mungkin terletak pada harga satuannya yang relatif lebih mahal. Silakan hubungi distributornya untuk mengetahui kepastian berapa harga satuannya.

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

1 comment:

  1. »» ✉
    N. JAYA KIMIA {NJK}
    JL. NGAGEL JAYA SELATAN 95
    [SAMPING SUPERMARKET BILKA]
    SURABAYA - JAWA TIMUR

    »» Coordinates :
    7°17'37"S 112°45'21"E

    »» Telephone ☎ :
    031 - 60 31 70 07 [INDOSAT]
    085334 660006 [TELKOMSEL]
    NO SMS, CALL ONLY.!

    »» http://www.facebook.com/jayakimia

    Partai (Grosir) & Eceran Dangan Jumlah Tertentu.
    Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

    MINIMAL PENGIRIMAN BAHAN CAIR: 35 KG.

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Sebuah toko kimia di Surabaya yang menjual:

    • ALUMUNIUM PASTA {Katanya salah satu bahan untuk membuat BATA RINGAN}﹑
    • SEGALA MACAM BAHAN-BAHAN FIBER GLASS {RESIN, CATALYST, WR, DLL} ﹑
    • Epoxy﹑
    • S.MONOMER﹑
    • PVA & VASELINE﹑
    • PASTA SABLON RUBBER {PASTA KARET} ﹑
    • PASTA SABLON NF﹑
    • PIGMENT WATER BASE ﹑
    • BINDER﹑
    • MIRROR GLAZE {WAX} ﹑
    • GLITTER ﹑
    • LYCAL 1011 & LYCAL 1079 ﹑
    • SILICONE EMULSION {SEMIR BAN}﹑
    • SILICONE RUBBER {SILICONE CETAK}﹑
    • SILICONE OIL {SILICONE BENING}﹑
    • WHITE OIL ﹑
    • BUBUK MUTIARA PERAK & EMAS {Pearlescent Silver & Gold}﹑
    • BUBUK MUTIARA PELANGI & TEMBAGA {Pearlescent Rainbow & Cooper}﹑
    • KANEKA ﹑
    • BRONZE MAS {Bronze Mas / Bubuk Mas} - RICH GOLD & PALE GOLD﹑
    • ANTI FOAM﹑
    • M3 & M4 ﹑
    • PHOSFOR ﹑
    • EFFECT PIGMENS ﹑
    • XILARIX ﹑
    • PEMBERSIH & SABUN RUMAH TANGGA ﹑
    • KEPERLUAN LAUNDRY ﹑
    • OBAT RAYAP ﹑
    • ANTI JAMUR ﹑
    Dan Lain - lain

    ReplyDelete

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626