Saturday, 14 May 2011

Menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB)


Menyusun Rencana Anggaran Biaya merupakan proses awal yang sangat penting untuk memulai membangun rumah atau bangunan lainnya. Karena rencana anggaran biaya merupakan komponen yang terbesar dalam satu kesatuan proyek terutama untuk mengetahui biaya bangun rumah, jadi tingkat kehati-hatian di awal proyek benar-benar menjadi prioritas utama. Ini berlaku baik anda sebagai pemilik rumah, kontraktor maupun sebagai developer.
Hal yang perlu diperhatikan dan benar-benar harus dikerjakan sebelum menjalankan adalah membuat analisis pekerjaan dan rencana anggaran biaya proyek. Hal ini perlu dilakukan pada awal agar tidak terjadi kesalahan yang fatal pada saat proyek sudah berjalan. Pekerjaan yang diperlukan berkaitan dengan tanah pada tahap perencanaan adalah pengukuran, penentuan kontur tanah (tinggi rendahnya), dan pengujian kekuatan tanah.
Sebelum menyusun RAB, terlebih dahulu anda harus menyusun item pekerjaan, sebagai berikut :
I. Pekerjaan Awal
II. Pekerjaan Galian dan Urugan
III. Pekerjaan Pondasi
IV. Pekerjaan Beton
V. Pekerjaan Dinding
VI. Pekerjaan Kusen, Pintu dan Jendela
VII. Pekerjaan Kap (Atap dan Kerangka)
VIII. Pekerjaan Penggantung dan Pengunci
IX. Pekerjaan Lantai dan Keramik
X. Pekerjaan Sanitasi
XI. Pekerjaan Instalasi Listrik
XII. Pekerjaan Pengecatan (Finishing)
XIII. Pekerjaan Akhir (Perapian dan Pembersihan)
Setelah mengetahui item pekerjaan diatas, baru kemudian anda menghitung volume pekerjaan bangunan yang anda rencanakan, setelah itu RAB baru bisa dibuat.
Baiklah, kalau anda masih penasaran bagaimana cara pembuatan RAB tersebut, silakan download file berikut, yang menjelaskan bagaimana menghitung volume pekerjaan untuk kemudian menentukan RAB, download juga file analisa biaya konstruksi SNI (Standart Nasional Indonesia), agar perhitungan anda tepat (walau selisih namun tidak jauh) dan sesuai standart.
Salam Sukses Selalu

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

3 comments:

  1. ini luar biasa, bagusnya.. semoga blg tetap jaya..

    ReplyDelete
  2. Terimaksih atas apresiasinya.

    Salam Sukses Selalu

    ReplyDelete

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626