Tuesday 31 May 2011

10 Langkah Menjadi Developer Sukses


Sukses adalah impian semua orang, siapapun dia dan apapun profesinya. Demikian pula para entrepreneur yang bergerak dalam bidang usaha developer properti, tidak ada yang berkeinginan untuk gagal. Bagaimana caranya agar bisnis pengembangan properti anda sukses..?? Ikuti langkah demi langkah menuju sukses berikut :


Langkah Pertama : Ciptakan Mimpi
Mulailah segala sesuatu dengan menciptakan mimpi terlebih dahulu, A dream is where it all started, demikian pula jika anda ingin menjadi seorang developer properti.
Seorang teman saya, sewaktu sekolah dahulu (puluhan tahun silam), sering mencorat-coret buku-buku pelajarannya dengan kalimat “Real Estate”. Percaya atau tidak, sekarang dia telah menjadi seorang developer dan sudah menyelesaikan beberapa proyek.

Langkah Kedua : Pelajari Dasar-Dasar Bisnis Developer
Tidak akan ada sukses tanpa sebuah pengetahuan dasar untuk business yang baik, dari itu pelajari terlebih dahulu bagaimana caranya agar anda bisa mewujudkan mimpi anda menjadi seorang developer, diantaranya dengan terus mengikuti blog ini, menghadiri workshop, seminar juga membaca buku-buku yang berkaitan dengan bisnis developer.
Sebenarnya ada jalan yang lebih mudah namun lebih bermanfaat, yaitu dengan  belajar sambil bekerja. Caranya, anda turut kerja dahulu selama 1-2 tahun di sebuah perusahaan developer untuk dapat mempelajari dasar-dasar dan prinsip-prinsip usaha developer properti.
Seorang teman saya (teman yang lain lagi), yang sebelumnya seorang PNS, setelah bergabung (tepatnya bekerja) disebuah perusahaan developer beberapa tahun, kini telah menjadi seorang developer sukses (saat ini sedang menggarap enam proyek sekaligus).

Langkah Ketiga : Perhitungkan Resiko
Pepatah mengatakan “The gain that u will be able to achieve is directly proportional to the risk taken”, menurut saya tidak juga. Ada beberapa bisnis yang keuntungannya besar dengan resikonya kecil. Diantaranya bisnis developer properti. Misalkan anda mengembangkan sebuah lahan menjadi komplek perumahan, resiko yang paling tinggi perumahan yang anda kembangkan tidak atau lambat terjual. Namun, karena nilai properti semakin lama semakin naik, maka perumahan yang lambat laku tersebut malah semakin naik harga jualnya.. Jadi dimana resikonya..??
Resiko lainnya lahan yang anda akuisisi ternyata bermasalah, seperti sertifikat tumpang tindih dll. Hal ini bisa anda antisipasi dengan meneliti lahan sebelum memutuskan untuk akuisisi.
Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Dan inilah faktor penentu yang membedakan antara “entreprenneur” dengan ”manager”. Entrepreneur lebih dibutuhkan pada tahap awal/pengembangan perusahaan, sedangkan manager dibutuhkan untuk mengatur perusahaan yang telah maju.

Langkah Keempat : Siap Gagal
Semua orang siap untuk sukses namun hanya segelintir yang siap menerima kegagalan. Padahal, dalam bisnis apapun, peluang untuk gagal selalu ada, misal produk yang kita ciptakan tidak laku dipasarkan.
Jangan menyerah, hadapi saja, toh nilai properti tidak bakal menurun. Kaji dan pelajari kembali kenapa hal ini sampai terjadi, apakah karena  lahan yang anda kembangkan lokasinya kurang strategis, atau karena strategi pemasaran anda yang belum optimal.
Setiap kegagalan sebenarnya langkah menuju sukses.

Langkah Kelima : Gunakan Intuisi
Consult Consultants, ask the experts, but follow your hearts, demikian petunjuk dari para pakar. Namun perlu diingat, sebelum anda memutuskan berdasarkan intuisi anda, mintalah istikharah (minta petunjuk Tuhan) terlebih dahulu, baru kemudian minta nasehat dari para ahli, setelah itu tentukan langkah berdasarkan kata hati anda.
Hadits Nabi, “Tidak akan kecewa orang yang istikharah dan tidak bakal menyesal orang yang musyawarah” (HR. Imam Ahmad)

(Bersambung kesini)

Bila anda merasa blog ini bermanfaat, beritahu teman-teman anda.

Salam Sukses Selalu.

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

2 comments:

  1. Mantap,dengan membaca tips anda saya makin kepengen ber ihktiar di bidang developer,Insya ALLAH..dengan membagi ilmu anda kepada kami semoga ALLAH menggantikannya dengan kesuksesan di dunia dan akhirat buat anda..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas silaturrahmi dan do'anya..
    Kalau sudah istikharah/mantap, take action saja.. Kalau belum berani dengan proyek besar, mulai dengan kecil-kecilan, cukup 2-3 unit, perijinan lebih mudah (IMB hanya sampai kecamatan) dan urusannya ga berbelit2.
    But, kalau memang ingin full, kenapa ga langsung besar saja.. Hehehe..
    Memang dalam perjalanan nantinya tidak semulus yang dikhayalkan, namun dengan tekad yang kuat insya Allah akan bisa dilewati.

    ReplyDelete

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626