Thursday 19 May 2011

Kunci Sukses Developer


Semua bisnis pasti ada kunci suksesnya, begitu pula dalam bisnis properti, yang apabila berhasil kita kuasai, maka gerbang kesuksesan akan terbuka dengan mudah. Tanpa kunci, gerbang mungkin masih bisa kita buka, tentunya dengan jalan mendobrak atau membongkar paksa. Ini adalah pilihan yang tidak bijak, jika kita masih bisa menggunakan kunci.
Hasil dari belajar kepada master developer, setidaknya ada lima kunci gerbang sukses developer yang harus kita kuasai, demikian kesimpulan saya. Apa saja kelima kunci tersebut..? Mari kita urai satu persatu :

1. Marketing
Apa artinya kita mengeluarkan satu produk jika itu tidak laku dijual. Demikian pula dalam bisnis properti, khususnya developer. Anda mungkin bisa mengembangkan puluhan proyek, namun jika tidak ada peminatnya, buat apa proyek-proyek tersebut..? Untuk apa pembangunan puluhan bahkan ratusan unit rumah jika tidak ada yang membeli..? Mau ditempati sendiri..?? Hehehe...
Mungkin ada diantara anda yang berkata, “Semua orang tahu tentang ini. Bukan hanya dalam bisnis properti, dalam bisnis apapun yang terpenting adalah marketing..!!, Yang kami butuhkan adalah strategi bagaimana meningkatkan penjualan..!”. Wah, kalau bicara strategi, tentu tidak hanya satu atau dua, ada beberapa strategi yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan penjualan properti anda. Kalau kita bahas semuanya disini, akan terlalu panjang, padahal kita masih harus menguraikan empat kunci sukses lainnya. Iya kan..? Dari itu, nantikan postingan kami selanjutnya “Strategi Pemasaran”.

2. Produksi
Kalau marketing anda sudah bagus, namun ternyata produksi tidak jalan, bisa dipastikan bisnis anda akan ambruk. Jadi selain mendongkrak penjualan, anda juga mesti memperhatikan bagian produksi. Ada dua pilihan bagi anda dalam memproduksi, menangani sendiri atau menyerahkan kepada subkontraktor. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun jika anda mampu meoptimalkan apa yang anda pilih, insya Allah pilihan anda akan membukakan gerbang suskes untuk anda.
a. Menangani sendiri
Bila anda memilih ini, kelebihannya laba yang dihasilkan lebih banyak, karena anda tidak perlu berbagi dengan subkontraktor. Namun, kelemahannya, anda akan cukup repot karena mesti menyiapkan staf bagian logistik yang bertanggungjawab atas ketersediaan material. Ketidakjujuran staf anda akan memberi pengaruh yang signifikan bagi kelancaran bisnis anda, dari itu anda mesti memiliki staf yang bukan hanya cakap, namun juga jujur dan bertanggungjawab. Anda juga mesti menyiapkan tukang yang berpengalaman dan pengawas yang akan mengerjakan proyek anda. Karena dalam hal ini tanggungjawab sepenuhnya di tangan anda, maka anda harus memilih pengawas yang benar-benar mampu melakukan pengawasan dan tegas dalam melakukan tindakan. Jangan sampai gara-gara pengawasan yang tidak maksimal, proyek anda menjadi amburadul.
b. Menggunakan Subkontraktor
Anda mungkin tidak perlu repot urusan material dan tukang, namun ada angka yang harus dibayar untuk itu. Jika anda memilih jalan ini, anda tetap harus memiliki pengawas yang ditugaskan untuk melakukan pengawasan standar mutu produksi yang telah anda tetapkan untuk proyek anda.

3. Legalitas
Untuk pengurusan legalitas (legalitas proyek seperti perijinan maupun legalitas nasabah seperti KTP dan lainnya) anda bisa melakukan sendiri atau memakai pihak ketiga. Jika anda memilih yang pertama, anda harus menyiapkan seorang staf untuk anda serahi mandat menyelesaikan urusan perijinan proyek seperti IPPT, IMB dan urusan legalitas nasabah. Adapun jika anda memilih yang kedua, keterlibatan anda hanya sedikit karena yang bekerja adalah mereka, anda cukup tanda tangan dan menunggu hasilnya. Misal, untuk pemecahan sertifikat anda serahkan sepenuhnya kepada notaris dan untuk legalitas nasabah anda serahkan urusannya kepada broker properti yang telah menjalin perjanjian dengan anda. Namun, anggaran proyek anda akan bertambah untuk membayar fee pihak ketiga tersebut.

4. Keuangan
Ini adalah hal yang vital dan harus anda perhatikan dengan serius. Apa artinya anda mengembangkan sebuah proyek dan laku terjual sampai habis namun tenyata laba yang didapat nol bahkan minus. Kecerdasan finansial mutlak anda perlukan jika anda terjun ke dunia bisnis, tidak hanya bisnis properti namun di semua medan bisnis.
Untuk itu, tak ada salahnya jika anda membayar seorang staf yang memiliki keahlian di bidang ini. Hindari pola kerja single fighter, karena cara ini sama saja dengan menjadikan anda “karyawan” di perusahaan sendiri, hanya saja anda menyandang jabatan yang bernama “direktur”.

5. Sumber Daya Manusia
Sebuah sistem organisasi bisa berjalan jika dikelola oleh sumber daya manusia yang baik. Jadi jangan lupakan manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan untuk kesuksesan proyek-proyek anda.
 Anda, sebagai seorang pemimpin semestinya mampu mencetak pemimpin-pemimpin dibawah anda yang loyal untuk anda terjunkan kelapangan sebagai pimpinan proyek. Biarkan mereka yang akan menangani dan mengeksekusi seluruh proyek-proyek yang anda tangani, anda cukup duduk menerima laporan dan sesekali melakukan peninjauan. Bila anda berhasil melakukan hal ini, anda benar-benar seorang pemimpin. But, satu hal yang perlu dicatat, jika anda tidak mau berbagi dengan memberikan reward kepada bawahan anda atas kinerja mereka, jangan pernah berharap mereka akan loyal kepada anda. Bila bawahan anda tidak memiliki loyalitas, anda tidak lebih dari sekedar batu loncatan buat mereka.

Teruslah bergabung di blog kami, karena akan selalu ada update posting untuk menambah pengetahuan anda. Jangan lupa, download Strategi Penting Memimpin Perusahaan, ada banyak pelajaran yang bisa anda ambil disana.
Jika anda merasa blog kami bermanfaat, sarankan kepada teman-teman anda.
Salam Sukses Selalu..!!

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

No comments:

Post a Comment

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626