Monday 23 May 2011

Mengenal Pelat Lantai Dari Kayu


Yang dimaksud dengan pelat lantai adalah lantai yang tidak terletak di atas tanah langsung, jadi merupakan lantai tingkat. Pelat lantai ini didukung oleh balok-balok yang bertumpu pada kolom-kolom bangunan.
Guna pelat lantai adalah:
  1. Memisahkan ruang bawah dengan ruang atas.
  2. Sebagai tempat berpijak penghuni di lantai atas.
  3. Untuk menempatkan kabel listrik dan lampu pada ruang bawah.
  4. Meredam suara dari ruang atas maupun dari ruang bawah.
  5. Menambah kekakuan bangunan pada arah horizontal.
Pelat lantai harus direncanakan kaku, rata, lurus, dan waterpass (mempunyai ketinggian yang sama, tidak miring) agar terasa mantap dan enak untuk berpijak kaki.
Ketebalan pelat lantai ditentukan oleh beban yang harus didukung, besar lendutan yang diijinkan, lebar bentangan atau jarak antara balok-balok pendukung, bahan konstruksi dari pelat lantai.
Bahan untuk pelat lantai terbuat dari:
  1. Kayu
  2. Beton
  3. Baja
Pelat Lantai Kayu

Pelat lantai kayu umumnya dibuat dari rangkaian papan kayu yang disatukan menjadi kesatuan yang kuat, sehingga membentuk bidang injak yang luas. Ukuran lebar papan umumnya 20 – 30 cm, tebal papan dapat dipilih ukuran 2 – 3 cm, dengan jarak balok-balok pendukung antara 60 – 80 cm. Ukuran balok berkisar antara 8/12, 8/14, 10/14 untuk bentangan 3 – 3,5 m. balok-balok kayu ini dapat diletakkan di atas pasangan bata 1 batu atau ditopang oleh balok beton. Bahan kayu yang dipakai harus mempunyai berat jenis 0,6 – 0,8 (t/m3) atau dari jenis kayu klas II.

Beberapa keuntungan dan kerugian pelat lantai dari kayu.
a. Keuntungan:
  1. Harga relatif murah, berarti biaya bangunan rendah.
  2. Mudah dikerjakan, berarti pekerjaan lebih cepat selesai.
  3. Beratnya ringan, berarti menghemat ukuran pondasi.
  4. Memunculkan Kesan Alami.
  5. Membuat Ruangan Menjadi hangat.
  6. Lebih leluasa dalam memilih motif yang sesuai dengan desain interior.
b. Kerugiannya:
  1. Hanya boleh untuk konstruksi bangunan sederhana dengan beban ringan.
  2. Bukan peredam suara yang baik, suara gaduh atau hentakan kaki dari penghuni atas dapat mengganggu penghuni di lantai bawahnya.
  3. Sifat bahan permeable (rembes air) jadi tidak dapat dibuat kamar mandi/WC di lantai atas.
  4. Mudah terbakar, jadi tidak boleh membuat dapur di atasnya.
  5. Tidak dapat dipasang tegel, jadi mengurangi kesan mewah (hanya dapat ditutup karpet, vinyl, atau sejenisnya).
  6. Dapat dimakan bubuk atau serangga, berarti keawetan bahan terbatas.
  7. Mudah rusak oleh pengaruh cuaca yang berubah-rubah (panas dan hujan) jadi hanya cocok untuk bangunan yang terlindung.

Memilih Kayu

Untuk mendapatkan lantai kayu yang bermutu dan sesuai dengan harapan, maka fungsi material kayu tersebut harus maksimal. Harus diperhatikan beberapa hal, diantaranya harus memilih jenis kayu yang tahan cuaca dan rayap, misalnya kayu jati, eboni, besi, atau ulin, damar laut, bangkirai, dan merbau. Selain itu harus dipastikan kayu yang digunakan memiliki kadar air yang sangatminimal. Kandungan air tinggi dapat membuat kayu menjadi memual, susut atau retak. Selain itu lakukan pula proses finishing dan pelapisan dengan zat anti rayap. Dan jika ingin memperoleh tekstur permukaan, pakailah pelitur atau vernis, bisa juga dengan mengecatnya dengan cat kayu. Untuk lantai kayu, akan lebih baik menggunakan kayu jenis solid, karena kayu solid tersebut tahan dari serangan rayap selain memiliki tekstur yang cantik.

Pasangan Balok Loteng

Balok Loteng memisahkan dua tingkat (ruang atas dan ruang bawah). Sekaligus menopang plafond dan lantai. Sesuai tempat dan tugasnya, maka balok masing-masing dalam suatu susunan balok mempunyai nama sendiri-sendiri, yaitu:
  1. Balok Induk, adalah semua balok yang melintang tanpa topang pada seluruh lebar bangunan dan pada kedua ujungnya bertumpu pada kolom. (biasanya mempunyai bentang ± 3 meter).
  2. Balok Anak, adalah balok yang pada kedua ujungnya bertumpu pada balok induk, digunakan untuk memperkecil petak-petak lantai disetiap ruangan. (biasanya mempunyai bentang ± 2 meter).
  3. Balok Bagi, adalah balok yang pada kedua ujungnya bertumpu pada balok anak atau balok induk atau pada salah satunya bertumpu pada balok anak atau balok induk. Digunakan untuk memperkecil petak-petak lantai disetiap ruangan. (biasanya mempunyai bentang ± 1 meter).

Pengawetan Kayu

Dengan pengawetan kayu akan tahan lama terhadap serangan serangga dan cendawan. Beberapa jenis kayu tahan terhadap serangan tersebut, akan tetapi banyaknya jenis kayu yang tidak tahan sehingga bila dipakai untuk bangunan tidak akan tahan lama. Untuk jenis yang terakhir ini biasanya dilakukan proses pengawetan. Tujuannya adalah:
  1. Agar bangunan tahan lama.
  2. Agar kayu tidak lekas lapuk.
  3. Agar kayu yang kering tahan awet dapat dipakai.
Pengawetan kayu umumnya dilakukan dengan cara:
  1. Diberi ter.                           4.  Direndam.
  2. Diarangkan.                      5.  Dimasuki zat pengawet.
  3. Dicat.
Zat pengawet mempunyai persyaratan sebagai berikut:
  1. Mudah dimasukkan kedalam kayu.
  2. Beracun tetapi tidak berbahaya terhadap manusia.
  3. Permanen, tidak luntur, tidak menguap kena gas.
  4. Tidak bereaksi terhadap zat kayunya.
  5. Tidak mudah terbakar.
  6. Cepat kering dan mudah dicat.
Perawatan Lantai kayu

1.      Hindarkan kayu dari musuh terbesarnya, yaitu air.
2.      Pada saat membersihkan lantai kayu, pergunakanlah lap yang kering. Air dari lap basah dapat merembes ke dalam pori-pori lantai kayu yang mengakibatkan kerusakan.
3.      Jika lantai kayu ditutupi dengan karpet, sering-seringlah membersihkan area karpet ini dengan vacuum agar debu tidak turun melalui serat-serat karpet dan mengotori lantai kayu.
4.      Jangan pernah menggeser furnitur di atas lantai kayu. Pergunakan alas yang lembut seperti lap atau handuk pada bagian bawah furnitur saat hendak memindahkannya, hal ini menghindarkan terjadinya goresan pada lantai kayu.
       (Dari berbagai sumber)

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

1 comment:

  1. Salam kenal,
    mau tanya, jika lantai kayu di atas dapur, bagaimana akibatnya? Terima kasih.

    ReplyDelete

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626