Sunday, 8 January 2012

Mencegah dan Mengatasi Rembesan Air Pada Sambungan Dak Beton

Mencegah Rembesan Air dengan Waterproof
Tips mencegah dan mengatasi rembesan air pada sambungan beton ini adalah lanjutan dari tips kami sebelumnya “Mengatasi Kebocoran Dak Beton”. Bagi Anda yang belum menyimak silakan klik link tersebut. Memang sambungan beton berisiko bocor yang menyebabkan air merembes. Rembesan air ini sering terjadi pada tipe rumah tumbuh ke samping yang menggunakan atap dak beton, dimana dak beton yang lama tidak menyatu dengan baik dengan dak beton baru. Kebocoran juga bisa terjadi bila pengecoran dak beton terhenti pada saat lantai kerja dak beton belum seluruhnya dicor. Penyebabnya sama, yaitu tidak menyatunya dak beton secara keseluruhan. Dari itu, dalam mengerjakan pengecoran dak beton jangan sampai terhenti hingga lantai kerja selesai dicor pada satu kali kerja. Namun terkadang, karena alasan material tidak cukup, pengecoran sering terhenti ditengah jalan. Nah, bagaimana mencegah dan mengatasi kebocoran yang menyebabkan rembesan air pada kasus diatas? Mari kita pelajari bersama.

A. Mencegah Rembesan Air
Untuk mencegah kebocoran yang mengakibatkan terjadi rembesan air pada sambungan dak beton adalah dengan memberi lapisan waterstop (construction chemicals) pada lokasi penyambungan beton. Waterstop yang berbahan dasar sodium bentonit ini, bila direndam dalam air, akan menjadi kontak permanen hingga maksimum 40% dalam waktu 1 x 24 jam dan 750% dalam waktu 15 hari. Dengan demikian, sambungan beton akan menjadi kedap air sehingga rembesan air tidak akan terjadi.

B. Mengatasi Rembesan Air
Nah, bila pengecoran beton terlanjur selesai tanpa sempat memberi waterstop, bagaimana mengatasinya? Cara terbaik mengatasi kebocoran yang mengakibatkan rembesan air pada sambungan beton yang terlanjur selesai adalah dengan memberi lapisan waterproofing pada seluruh permukaan dak beton. Keseluruhan..? Ya benar..! Seluruh area dak beton mesti dilapis dengan waterproofing, bukan hanya sebatas pada penyambungan beton. Cara memberi lapisan waterproofing adalah sebagai berikut :
1. Ratakan tonjolan-tonjolan yang ada dipermukaan dak beton dengan cara di-chipping atau dipangkas menggunakan alat poles.
2. Tutup atau tambal lubang yang ada pada dak beton dengan adukan semen dan pasir 1 : 2, lebih praktisnya gunakan semen instan atau mortar (tentang mortar silakan simak disini).
3. Bersihkan semua kotoran yang ada pada permukaan dak beton.
4. Kuaskan waterproofing dengan ketebalan 0,5 mm di seluruh permukaan dak beton.
5. Lekatkan serat poliester pada lapisan waterproofing coating tersebut.
6. Kuaskan kembali waterproofing coating setebal 1,5 mm hingga menutupi serat poliester.
7. Tes kebocoran dengan air.

Oke, tentunya Anda sudah paham dan mengerti bagaimana cara mencegah dan mengatasi rembesan air pada dak beton. Bila masih bingung, serahkan saja pengerjaannya kepada tukang ahli. Untuk pencegahan dini, sebaiknya Anda serahkan saja pekerjaan bangunan Anda yang menggunakan dak beton kepada kontraktor berpengalaman, jangan ke sembarang tukang. Sesal dahulu pendapatan sesal kemudian tidak berguna.

Salam Sehat dan Sukses

Read this | Baca juga yang ini



Widget by [ Zein Property ]

1 comment:

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami

Mau berlangganan artikel kami? Daftarkan email Anda

Delivered by FeedBurner

Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626. Green Paradise, Hunian Nyaman di Kota Idaman Banjarbaru. Lokasi paling dekat dengan pusat kota Banjarbaru. Desain Mewah, Elegan dan Berkelas. Bangunan Halus, Rapi dan Berkualitas. Informasi : (Call) 0853 48 262626, 0511 731 2626 atau (SMS) 0811 508 626